Belajar dimulai dari hati!

Dimana hatimu! Seruku untuk niatmu terus maju dalam kerjamu.

Belajar bukan untuk diri sendiri!

Dimana pintarmu! Harapku untuk kerjamu bagi sesamamu.

Belajar bukan hanya dari pikiranmu sendiri!

Dimana ragamu! Kamu tidak akan bisa hidup sendiri karena belajar butuh referensi.

Belajar sebagian dari berdoa!

Dimana imanmu! Belajar perlu tuntunan dari Yang Maha Kuasa agar dilancarkan jalanmu.

Belajar perlu dekat dan lingkungan!

Dimana panggilanmu! Belajar memiliki kesatuan dengan alam dan nafas hidup disekitarmu.

Senin, 28 Juli 2025

INFORMATIKA DAN KETERAMPILAN GENERIK - KELAS X

Di era digital saat ini, informatika bukan sekadar tentang memahami komputer, tetapi juga mengasah keterampilan yang bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Siswa kelas 10 perlu membangun keterampilan generik—yaitu kemampuan dasar yang fleksibel dan relevan di banyak situasi.

Beberapa keterampilan generik yang penting antara lain berpikir komputasional (menyelesaikan masalah secara sistematis), literasi digital (memahami, menilai, dan memanfaatkan informasi di dunia maya), kolaborasi daring (bekerja sama menggunakan teknologi), dan kreativitas digital (menciptakan solusi atau karya dengan memanfaatkan alat TIK).

Dengan menguasai keterampilan ini, siswa tidak hanya siap menghadapi tantangan akademis, tetapi juga mampu beradaptasi di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Informatika menjadi bekal penting untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan menciptakan inovasi yang bermanfaat.


Materi Presentasi 
P1 : https://gamma.app/docs/Selamat-Datang-di-Kelas-Informatika-Kelas-10-5tkiw8pzbsaxr12
P2 : https://docs.google.com/presentation/d/1mTDj1WxxvdSyCfZP1O4jb4Exvc8Yx7Bj/edit?usp=sharing&ouid=101129253085954039145&rtpof=true&sd=true



Rabu, 23 Juli 2025

Informatika Masa Kini dan Masa Depan (Kelas XII)


Di era digital saat ini, informatika telah menjadi jantung dari hampir setiap aspek kehidupan manusia. Dari komunikasi yang serba cepat, perdagangan daring, hingga kecerdasan buatan yang membantu mendiagnosis penyakit, teknologi terus mendorong perubahan besar dalam cara kita bekerja, belajar, dan berinteraksi.

Namun, ini baru permulaan. Masa depan informatika akan dipenuhi inovasi yang lebih menakjubkan: komputer kuantum yang memecahkan masalah kompleks dalam hitungan detik, kecerdasan buatan yang mampu memahami emosi manusia, dan teknologi realitas campuran yang mengaburkan batas dunia fisik dan virtual.

Tantangannya jelas — keamanan data, etika penggunaan teknologi, dan kesenjangan digital harus menjadi perhatian bersama. Tetapi dengan pengetahuan dan kreativitas, generasi muda dapat menjadi penggerak utama yang memastikan teknologi tidak hanya canggih, tetapi juga membawa manfaat bagi semua.

Informatika bukan sekadar mempelajari komputer. Ia adalah seni dan sains untuk membentuk masa depan. Dan masa depan itu sedang kita tulis, baris demi baris kode, mulai dari hari ini.


Bahan Presentasi
https://gamma.app/docs/1-Informatika-Sekarang-dan-Masa-Depanpptx-zf51ynqx2lj5pwy

Peran dan Fungsi Promt (AI)

Kamis, 03 Juli 2025

PEER TEACHING - PERAN DAN FUNGSI PROMPT

 Tautan Modul Pembelajaran

>>> Modul Pembelajaran Peran dan Fungsi Prompt <<<

Lembar Kerja Peserta Didik
>>> LKPD <<<

Penyampaian Materi
>>> Power Point <<<

Tautan Evaluasi Pembelajaran
>>> Tes Pemahaman <<<

Tautan Refleksi Pembelajaran
>>> Refleksi <<<

Selasa, 29 April 2025

MEMBUAT PROGRAM DENGAN BAHASA C



Hari ini siswa kelas 10 mengikuti praktik pemrograman menggunakan bahasa C. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan konsep dasar coding, mulai dari penulisan sintaks, penggunaan variabel, hingga membuat program sederhana yang bisa dijalankan.

Siswa diajak memahami bahwa bahasa C adalah salah satu bahasa pemrograman tertua namun masih relevan, karena menjadi dasar bagi banyak bahasa modern. Dalam praktik, mereka menggunakan compiler untuk menulis dan menjalankan program seperti “Hello World” dan perhitungan sederhana.

Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar mengetik kode, tetapi juga membiasakan diri berpikir logis dan sistematis. Antusiasme terlihat ketika program yang mereka tulis berhasil dijalankan tanpa error—sebuah momen kecil yang memupuk rasa percaya diri di dunia pemrograman.

Materi pendahuluan membuat program dengan bahasa C menggunakan Code::Block Kelas 10 Semester 2
Pengumpulan file praktikkum:
KELAS 10A DI SINI
KELAS 10B DI SINI




Senin, 28 April 2025

Pengantar materi Algoritma dan Pemrograman

Pengantar materi Algoritma dan Pemrograman Kelas 10 Semester 2

Kamis, 10 April 2025

Pengembangan Aplikasi Kecerdasan Artifisial dengan App Inventor

Materi pendahuluan pengembangan aplikasi kecerdasan artifisial dengan APP Inventor