Belajar dimulai dari hati!

Dimana hatimu! Seruku untuk niatmu terus maju dalam kerjamu.

Belajar bukan untuk diri sendiri!

Dimana pintarmu! Harapku untuk kerjamu bagi sesamamu.

Belajar bukan hanya dari pikiranmu sendiri!

Dimana ragamu! Kamu tidak akan bisa hidup sendiri karena belajar butuh referensi.

Belajar sebagian dari berdoa!

Dimana imanmu! Belajar perlu tuntunan dari Yang Maha Kuasa agar dilancarkan jalanmu.

Belajar perlu dekat dan lingkungan!

Dimana panggilanmu! Belajar memiliki kesatuan dengan alam dan nafas hidup disekitarmu.

Kamis, 03 Juli 2025

PEER TEACHING - PERAN DAN FUNGSI PROMPT

 Tautan Modul Pembelajaran

>>> Modul Pembelajaran Peran dan Fungsi Prompt <<<

Lembar Kerja Peserta Didik
>>> LKPD <<<

Penyampaian Materi
>>> Power Point <<<

Tautan Evaluasi Pembelajaran
>>> Tes Pemahaman <<<

Tautan Refleksi Pembelajaran
>>> Refleksi <<<

Selasa, 29 April 2025

MEMBUAT PROGRAM DENGAN BAHASA C



Hari ini siswa kelas 10 mengikuti praktik pemrograman menggunakan bahasa C. Tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan konsep dasar coding, mulai dari penulisan sintaks, penggunaan variabel, hingga membuat program sederhana yang bisa dijalankan.

Siswa diajak memahami bahwa bahasa C adalah salah satu bahasa pemrograman tertua namun masih relevan, karena menjadi dasar bagi banyak bahasa modern. Dalam praktik, mereka menggunakan compiler untuk menulis dan menjalankan program seperti “Hello World” dan perhitungan sederhana.

Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar mengetik kode, tetapi juga membiasakan diri berpikir logis dan sistematis. Antusiasme terlihat ketika program yang mereka tulis berhasil dijalankan tanpa error—sebuah momen kecil yang memupuk rasa percaya diri di dunia pemrograman.

Materi pendahuluan membuat program dengan bahasa C menggunakan Code::Block Kelas 10 Semester 2
Pengumpulan file praktikkum:
KELAS 10A DI SINI
KELAS 10B DI SINI




Senin, 28 April 2025

Pengantar materi Algoritma dan Pemrograman

Pengantar materi Algoritma dan Pemrograman Kelas 10 Semester 2

Kamis, 10 April 2025

Pengembangan Aplikasi Kecerdasan Artifisial dengan App Inventor

Materi pendahuluan pengembangan aplikasi kecerdasan artifisial dengan APP Inventor

Kamis, 13 Maret 2025

Jurnal Belajar MIT APP INVENTOR Kelas 11

Selasa, 04 Maret 2025

KISI-KISI SOAL ASAS DAN PSAJ KELAS 12 2025



KISI-KISI SOAL ASAS

1. BAB 4 - JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

2. BAB 5 - DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

80 Soal Pilihan Ganda

-----------------------------------------------------------------------------------------------

KISI-KISI SOAL PSAJ

Kelas 10

1. Intergrasi Konten Aplikasi Perkantoran 5 soal

2. Fitur lanjut aplikasi perkantoran 5 soal

3. Komputer dan komponen penyusunnya 5 soal

4. Interaksi manusia dan komputer 5 soal

5. Google colaboratory 5 soal

Total 25 soal


Kelas 11

1. Xampp Server 5 soal

2. Kode Pemrograman Dasar PHP 5 soal

3. OSI Layer 5 soal

4. App Inventor 10 soal

Total 25 soal


Kelas 12

1. Informatika Sekarang dan Masa Depan 5 soal

2. Sistem Komputer (Xampp, MySQL) Database 5 soal

3. Berpikir Komputasional dan Algoritma Pemrograman (database, php, aplikasi dinamis) 5 soal

4. Jaringan Komputer dan Internet (topologi, osi, tcp/ip, jaringan gsm, analisis kebutuhan jarkom, hardware jarkom, so, peramban, komdat, melakukan pengujian kabel lan, cyber security) 10 soal 

5. Dampak Sosial Informatika 5 soal

Total 30 soal

Total 80 Soal Pilihan Ganda